Minggu, 27 November 2011

Macam-macam Rubik

1.Rubik Abal-Abal
    Rubik jenis ini dapat anda beli dengan mudah di banyak tempat,misalnya di toko mainan, Harga rubik jenis ini juga tergolong murah.
Ciri yang paling mencolok dari rubik jenis ini adalah skema warnanya yang seringkali tidak standart dan putarannya yang termasuk cukup keras dan sering mengalami lock up (menyangkut).Rubik ini juga mudah pop out (lepas piecenya) bila dimainkan dengan terlalu cepat dan tanpa fingertrick yang baik

  Walaupun kualitasnya tidak terlalu baik ,tidak ada salahnya anda mulai belajar dengan menggunakan rubik "abal-abal" ini. Abel Brata,pemegang rekor MURI untuk kategori "Menyelesaikan rubiks cube tercepat", pada awal perjuangannya menggunakan rubik jenis ini hingga bisa menyelesaikan rubik dibawah 1 menit.Anang Yulianto (Adenk), speeedcuber asal Solo bahkan dapat menyelesaikan rubik jenis ini dibawah 20 detik! Waktu normal yang bisa dicapai dengan rubik jenis ini adalah 1 sampai 2 menit tergantung seberapa besar skill dan seberapa sering anda latihan.
2. Haiyan Cube Memory
  Rubik ini paling cocok dengan finger trick karena memiliki putaran yang sangat halus dan cutting corner yang sangat mantap.rubik ini jarang sekali lock up, apalagi pop, dan memiliki grip yang nyaman di tangan.cube ini sangat sulit di temui di Indonesia, anda mungkin harus mengimpornya sendiri dari http://www.cubehaiyan.com/. pada dasarnya rubik ini sama dengan Alpha-5 namun beberapa bagian telah di sempurnakan. rubik ini modifikasi laangsung oleh Haiyan Zuan, pemegang rekor dunia untuk 3x3x3 blindfolded. selain sulit di cari harganyapun tergolong mahal. untuk mendapatkan rubik ini anda harus merelakan $25 atau setara dengan Rp 250.000,00. (how to be a sub 15 cuber/jihan khalilurahman)

3.Evil Cub Classic
  Rubik ini diset langsung oleh Yudhi Ariwibowo. Pemegang rekor Nasional 3x3x3 average tahun 2009 lalu. bobot rubik ini cukup berat, namun cutting corner-nya hampir sebaik Haiyan Cube Memory. (how to be a sub 15 cuber/jihan khalilurahman)










4.Original Rubik's Cube
Original Rubik's Cube adalah rubik yang dikeluarkan secara resmi oleh perusahaan Rubik's. Anda dapat mengenali dari center piece putihnya yang berlogo "Rubiks Cube" serta kemasannya yang berbentuk hexagon.Rubik jenis ini bisa anda dapatkan dengan harga yang cukup mahal sekitar Rp100.000,00  - Rp125.000,00. Karena ketersediannya yang cukup luas, rubik ini juga dikenal dengan sebutan rubiks store-bought (dapat dibeli di toko).
   Rubik ini pada awalnya berat untuk diputar sehingga dapat menurunkan semangat.Kekencangan rubik orisinil ini tidak bisa diatur karena menggunakan rivet (sejenis paku),bukan screw (mur) yang bisa dilonggarkan.
  kualitas rubik ini tergolong baik karena awet dan tidak mudah pop out.Salah satu kekurangannya terletak pada kualitas stikernya yang sangat buruk,akan cepat sekali mengelupas.Hal ini dapat ditandai dari warna putih di stikernya.Rubik jenis ini akan mulai nyaman digunakan setelah dipakai selama 1 bulan. buku "Tip & Trik Jago Main Rubik"
5.Chinese DIY Cube 

   DIY adalah singkatan dari Do It Yourself(bukan Daerah Istimewa Yogyakarta :p).Hal ini menunjukkan bahwa rubik jenis tersebut memungkinkan kita mengatur screw dan spring (pegas) untuk menentukan tingkat kerapatan yang diinginkan.Semakin longgar screw berarti semakin mudah rubik diputar,namun juga berarti semakin rentan terhadap pop out.Anda dapat mengaturnya sesuai selera dan kebutuhan anda. buku "Tip & Trik Jago Main Rubik"

 Rubik jenis ini memiliki banyak tipe:
a.  Tipe A
     Tipe A mempunyai merk Guo Jia Alpha,yaitu tipe yang paling umum di  Cina.Putaran rubik halus dan cukup baik dalam cutting corner.Tipe ini juga mengeluarkan banyak jenis variasi tipe,Antara lain Alpha1,Alpha2Alpha3,Alpha3F,Alpha4,Alpha5,Alpha5F,Alpha Haiyan (Haiyan Cube),Haiyan Memory.Dan tentu semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing sesuai dengan selera penggunanya.Rubik Tipe ini mempunyai suara khas alpha,yaitu Berisik dan Krispy. buku "Tip & Trik Jago Main Rubik"



b.Tipe B
     Tipe B mempunya merk Sheng En.Putarannya berat dan kurang cocok untuk speedcubing.Tersedia warna yang bervariasi seperti emas,perak,dan transparan. buku "Tip & Trik Jago Main Rubik"
c.Tipe C
     Tipe C mempunyai merk Guo Bing.Merk ini bisa dikatakan sebagai Chinese DIY yang paling seimbang, putarannya tidak terlalu ringan dan tidak pula terlalu berat.Bobotnya sedang diantara tipe A dan tipe F.Cutting Corner-nya pun sangat baik dan kualitas bahannya bagus. buku "Tip & Trik Jago Main Rubik"


d. Tipe D
 
Tipe D mempunya merk Yong Jun,dapat dikenali dari boxnya yang bertuliskan logo YJ.Memiliki kualitas yang tidak terlalu baik.Rubik ini dikenal paling gencar dalam meniru mekanisme merk rubik lain.Harga rubik ini jauh lebih murah dibanding rubik tipe lain,hanya sekitar Rp25.000,00. Seperti pengalaman saya dulu waktu pertama kali membeli Yong Jun,1 sampai 2 bulan pertama memang terasa sangat enak tetapi saat memasuki 3 bulan rubik Yong Jun saya mulai mengendor dan akhirnya Pop Out pun sering terjadi.Inilah buktinya bahwa rubik pun memiliki umur.Yong Jun hadir dengan stiker Teksture (seperti pasir) buku "Tip & Trik Jago Main Rubik"
e. Tipe E
Tipe E mempunyai merk diansheng,sama seperti Yong Jun,rubik Diansheng juga dikenal gencar meniru mekanisme rubik lain namun lebih memberikan inovasi pada puzzlenya.Secara kualitas sedang sedang saja saat dibuka dari kemasan,namun putarannya akan lebih halus setelah dilubrikasi.Cutting cornernya lumayan dan tidak mudah pop out.Berbeda dengan rubik tipe lainnya yang menggunakan stiker,rubik jenis ini menggunakan Painted(cat) yang langsung dicat ke bagian luar piecenya sebagai pengganti stiker,alhasil warnanya pun jadi cepat mengelupaskarna menggunakan cat.Harga rubik jenis ini cukup murah tetapi lebih mahal dari Yong Jun dengan kualitas yang tetap mampu bersaing dengan merk lain.buku "Tip & Trik Jago Main Rubik"

f.Tipe F


 
TipeF memiliki Merk Sheng En juga seperti tipe B namun memiliki kualitas yang berbeda.Jenis ini disebut-sebut memiliki putaran paling halus dari seluruh jenis DIY.Ciri khas yang paling mencolok dari tipe ini adalah bobotnya yang sangat ringan,yang boleh jadi kurang cocok bagi cuber (pemain rubik) yang sudah terbiasa dengan rubik berat seperti Rubik's Original.Tipe ini juga dikenal memiliki core yang mudah rusak.Direkomendasikan untuk mengganti corenya dingan core tipe A..Jenis ini juga mengeluarkan 2 jenis tipe yang berbeda,yaitu tipe FI dan FII yang keduanya sama-sama memiliki putaran yang ringan..buku "Tip & Trik Jago Main Rubik"

g.C4U
C4U merupakan singkatan dari Cube For You,yaitu sebuah merk yang dulu sempat populer di kalangan cuber indonesia.Walaupun bobotnya berat,tipe ini banyak diminati karena kemampuan cutting cornernya yang sangat baik dan tidak mudah pop out.Perasaan menggunakannya seperti menggunakan Rubik Orisinal yang sudah digunakan dalam waktu yang lama hingga halus.Namun bagi anda yang tidak terbiasa memainkan cube ini,anda akan mengalami banyak lock(menyangkut) dikarenakan bentuk piece-piecenya yang kotak kotak(siku-siku).Cube 4 You hadir dalam berbagai macam warna base. buku "Tip & Trik Jago Main Rubik"
6. Korean Cube
 Rubik produksi Korea dikenal dengan merk Joy Cube dan Edison Cube.Namun kedua merk ini sudah tidak diproduksi lagi entah kenapa.Karakteristik putaran kedua cube ini sama,namun Edison Cube lebih berat.Edison sangat disukai untuk speedcubing, karena memiliki cutting corner yang menakjubkan serta jarang mengalami lock-up maupun pop out.Edison memiliki mekanisme khusus yang dimiliki oleh bagian dalam center piecenya, menjadikannya memiliki presisi putaran yang sangat baik.Rubik ini memerlukan waktu untuk menjadi nyaman digunakan,layaknya rubik Original.Kekurangan Edison adalah harganya yang sangat mahal(dua kali lipat dari harga DIY lainnya) dan warna stikernya yang gelap. buku "Tip & Trik Jago Main Rubik"

7. Rubik's DIY Cube (Merk:Rubiks)
 Pada prinspinya Rubik's DIY Cube sama dengan Chinese DIY, namun dikeluarkan oleh perusahaan Rubik's. Rubik tipe ini memiliki cutting corner yang baik dan sedang putarannya(tidak terlalu ringan dan berat).Bobotnya juga lebih ringan dari rekan setimnya (Rubiks Original).Rubik ini hadir dalam kondisi belum terakit,jadi anda harus merakitnya sendiri mau tidak mau.Rubik ini akan nyaman digunakan jika sudah diatur tensionnya dengan pas.
buku "Tip & Trik Jago Main Rubik"


2 komentar:

  1. Keteranganya sudah cukup jelas kalau bisa di kasih tahu tokonya di mana?

    BalasHapus
  2. banyak sekali macam macamnya ya mas, untung saya punya salah satu dirumah dengan bentuk persegi yang 6 sisi rubik

    BalasHapus