Sabtu, 17 Desember 2011

BMW seri 5 Mulai Dirakit di Indonesia.

Oleh : Aldy Fauzal
BMW rakitan lokal.
Foto : Aldy Fauzal
Ghiboo.com, Jakarta - Perusahaan otomotif asal Jerman, BMW, menambah perakitan varian mobilnya di Indonesia. Setelah seri 3 dan X1, BMW merakit seri 5. Dengan penambahan ini, Indonesia menjadi negara kedelapan di dunia yang memproduksi seri 5.

Ekspansi aktivitas ini merupakan tindak lanjut dari pengumuman BMW Group pada Mei lalu mengenai investasi sebesar 8 juta euro atau sekitar Rp. 100 milyar. BMW menunjuk mitra lokal PT Gaya Motor yang berlokasi di Sunter, Jakarta Utara untuk melakukan perakitan. PT Gaya Motor sendiri merupakan unit usaha PT Astra Internasional.

"Dalam sehari kami mampu produksi 4 unit. Rencananya akan ditingkatkan menjadi 8 unit per hari pada 2012," kata Helena Abidin, Corporate Communications Director BMW Indonesia, hari ini di Jakarta.

Helena menambahkan, dengan perakitan lokal seri. 5 tidak terjadi penurunan harga.dibanding versi impornya. Sebab seri 5 rakitan lokal tersebut telah mengusung teknologi terbaru dari BMW.

"Kami coba lakukan pendekatan yang lain," tambahnya.

BMW 520i dan 528i merupakan dua varian yang dirakit di Indonesia. Keduanya mengusung mesin bensin empat silinder generasi terbaru berkapasitas 2 liter dengan teknologi TwinPower Turbo. Keduanya mulai tersedia dishowroom resmi BMW awal Januari 2012.

Sebelumnya, BMW telah melakukan pelatihan sejak Juli 2011. Sebanyak lima belas tenaga ahli didatangkan langsung dari Jerman dan bekerja selama dua bulan memberikan pelatihan prosea produksi dan persyaratan kualitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar